berwirausaha...
Pertama-tama untuk berlajar berwirausaha kita harus tahu dulu . Apa yang akan kita jalankan?? Atau
bisnis apa yang ingin kita jalan kan?
Kalo didalam ilmu manajemennya itu adalah sebuah planning (perencanaan ). pasti semua orang punya mimpikan, terutama mimpi menjadi seorang wirausaha atau busnniseman, tapi terkadang kita sulit untuk merubah mimpi itu menjadi kenyataan
Tahap agar mimpi itu bias berwujud menjadi kenyataan . kita harus tahu dulu potensi akan diri kita
dahulu gan, apakah bisnis yang akan kita jalankan sesuai dengan potensi kita atau tidak ? arah bisnis itu harus sesuai potensi kita gan
jangan lupa juga gan.. kita sebagai mahluk Tuhan yang pelupa , baiknya supaya mimpi kita bisa menjadi kenyatan
kita diharuskan menuliskan mimpi itu gan dan setelah ditulis kita harus terus membacanya
insyaAllah dengan kita sering membacanya ,kita aka termotivasi untuk mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan gan..
Nah.. disini gan..ane sekarang ini hanya ingin membahas cara menuangkan ide” bisnis yang ada didalam
mimpi ke dalam tulisan. Kalo didalam ilmu manajemen kita sebelum memulai bisnis harus membuat
sebuah perencanaan bisnis atau disebut Bussnis plan.coba kita mulai menuliskan bussnis plan kita sesuai dengan konsep yang ada dimimpi kita .
Nah..dibawah ini ane menuliskan salah satu bussnis plan dari mimpi ane. Coba agan juga beranikan diri untuk menulis mimpi agan….-“SELAMAT MENCOBA”-
SEMOGA BERMANFAAT,,maaf apabila ada salah-salah kata karna ane menyadari dengan kelemahan dan kekurangan ane ..mungkin agan-agan semua lebih baik dari pada saya..Cuma disini ane hanya ingin berbagi cerita tentang pengalaman ane membuat bussnis plan..
A. COVER BUSNIS PLAN
|
Nama
Perusahaan :
Warung
tinggal rasa
Bidang
Usaha :
Masakan
kuliner
Alamat
:
Jalan
karanggantung Des.gunungguruh Kec.gunungguruh Kab.sukabumi
Email
endinsolehudin1992@gmail.com
Telp.085722328254
B. MENENTUKAN VISI DAN MISI
PERNYATAAN VISI
Menjadikan warung yang bisa dikenal didaerah
sukabumi dengan pelayanan terbaik,rasa yang unik dan pandangan yang baik
PERNYATAAN MISI
-
Selalu berinovasi rasa
-
Melayani pelanggan dengan baik
-
Manajemen yang baik
-
Pengenalan produk dengan berjualan door
to door
-
Mengenalkan warung melalui browsure dan
media social
-
Menerima keluhan konsumen
-
Membuat cabang warung tinggal rasa
TUJUAN PERUSAHAAN
“Warung tinggal rasa “ didirikan terutama untuk
mendapatkan laba,dimana hasil laba tersebut dipergunkan untuk mengembangkan
perusahaan kami,tidak menutup kemungkinan juga dipergunakan untuk memenuhi
biaya hidup keluarga kami dan “warung tinggal rasa” didirikan untuk menjadikan
warung tinggal rasa dikenal dimasyarakat pedesaan yang nantinya warung tinggal
rasa dapat dikenal didaerah pedesaan maupun perkotaan. Dengan manajemen yang
baik dapat memberiakan paradigma baru bagi masyarakat pedesaaan bahwasanya warung yang kecil dapat menjadi besar juga
dapat dikenal didaerah perkotaan
Gambaran Produk Dan Keunggulannya
Bisnis
ini kami dirikan karena melihat adanya peluang di tempat tinggal kami,
kebiasaan masyarakat di tempat kami sangat suka mengkonsumsi gorengan dipagi
hari ,siang hari bahkan malam hari,walaupun banyak pedagang gorengan di tempat kami
tinggal, akan tetapi rasa yang disajikan oleh pedagang – pedagang gorengan yang
biasa berjualan di tempat kami sangat monoton,hampir sama rasa yang disajikan
oleh pedagang yang satu dengan yang lainnya .selain itu kebiasaan pedagang
pedagang yang ada didaerah kami berjualan hanya dipagi hari sangat jarang
disiang hari padahal kebiasaan dimasyarakat kami yang indentiknya bekerja
diindustri genteng dan bata pada waktu siang hari waktu yang tepat untuk
mengisi perut – perut para pegawai, gorengan menjadi salah satu cemilan pilihan para pegawai
dimasyarakat kami.apalagi malam hari belum ada didaerah kami yang berjualan
dimalam hari padaha kebiasaan pemuda didaerah kami suka begadang apalagi ketika
ada pertandingan sepak bola dilayar televisi,berjualan gorengan pada malam hari
menjadi peluang bagi kami,selain itu juga kebiasaan para pedagang di daerah
kami dilakukan dengan cara door to door,nah.. sedangkan “warung tinggal rasa”
pemasarannya dilakukan dengan memasarkan secara door to door juga memiliki
tempat berjualan yang fungsinya untuk memudahkan pelanggan yang menginginkan
gorengan tanpa harus menunggu atau mencari pedagang gorengan.adapun keunggulan
produk kami,rasa gorengan kami selalu berinovasi, produk kami selalu ada setiap
saat pada pagi hari,siang hari bahkan malam hari,karna “warung tinggal ras ‘ buka
dari pukul 06.30 sampai dengan 22.00 WIB.
Selain
gorengan kami juga menyediakan menu – menu lain seperti snack,bubur ayam,bubur
kacang,mie rebus,dan minuman seperti es kelapa,es jeruk,the manis dan kopi.
Menu
– menu tersebut disediakan supaya
menarik konsumen supaya mendatangi warung kami juga supaya konsumen membeli
produk yang kami sediakan.
Adapun
gorengan yang kami olah akan senantiasa menjaga kehigenisannya agar gorengan
yang kami pasarkan tetap terjaga kesehatannya.
E. MEMBUAT ANALISIS SWOT PERUSAHAAN KITA
ANALISIS SWOT
v
KEKUATAN
1.
Rasa
yang tidak monoton
2.
Pelayanan
yang baik
3.
Mempunyai
Manajemen yang baik
4.
“warung
tinggal Rasa” buka setiap hari dari pukul 06.30 s.d 22.00
5.
Pemasyarannya
dilakukan door to door ,melalui roda dan dikios
6.
Promosi
kami melalui pamplet,brosur,,spanduk,dan media social seperti blog,bbm,facebook
dan twiter
v KELEMAHAN
1.
Belum
mempunyai kios sendiri
2.
Kekurangan
modal
3.
Ukuran
gorengan kami lebih kecil
v PELUANG
1.
Masyarakat
sangat menyukai gorengan bahkan gorengan dijadikan sebagai lauk untuk sarapan
atau makan
2.
Sangat
jarang pedagang yang bejualan pada siang hari,bahkan malam hari
3.
Gorengan
kami beda dari pedagang- pedagang didaerah kami
v ANCAMAN
1.
Banyaknya pedagang gorengan yang sudah memiliki
pelanggan
2.
Keebiasaan
sebagian masyarakat didaerah kami memilih makanan yang besar dan harganya murah
tanpa melihat rasa ataupun kwalitasnya
3.
Dikhawatirkan
para pedagang meniru cara pemasaran kami
v STRATEGI S – O
1.
Pemasaran
dilakukan dari pukul 06.30 sampai 22.00
2.
Memberikan
pengenalan prodak melalui penjualan door
to door,pamlet dan media masa
3.
Memasang
spanduk yang unik
4.
Selalu
berinovasi rasa
v STRATEGI S – T
1.
Promosi
terus menerus agar lidah masyarakat terbiasa dengan rasa gorengan yang kami
buat
2.
Bekerjasama
antar pedagang
3.
Membuka
Agen khususnya bagi pedagang keliling
4.
Selalu
berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen
5.
Memberikan
bonus kepada konsumen
6.
Menyediakan
fasilitas bagi kenyamanan konsumen..ex tempat duduk,tempat makan dan tv
v STRATEGI W – O
1.
Menyewa
kios yang murah
2.
Pemasaran
lebih diutamakn door to door untuk pagi dan siang dan untuk kios dilakukan pagi
sampai malam
3.
Memberikan
pemahaman kepada masyarakt mengenai kwalitas gorengan yang kami tawarkan
v STRATEGI W – T
1.
Memberikan
pemahaman kepada masyarakt mengenai kwalitas gorengan yang kami tawarkan
2.
Menyediakan
prodak-prodak yang disukai masyarakat
3.
Bekerjasama
dengan pedagang
F. MEMBUAT ANALISIS PEMASARAN
Analisis Pemasaran
1)
Produk
Dalam
upaya membidik semua segmen yang ada, warung tinggal rasa menyediakan prodak
yang disukai masyarakat terutama gorengan yang memiliki rasa yang tidak monoton
2)
Harga
Dalam
pemasarannya, gorengan sudah mematok harga Rp. 500,- untuk satu buahgorengan.
Hal ini ditujukan supaya harga gorengan ini terjangkau oleh semua kalangan.
3)
Tempat
Untuk
mendukung strategi pemasaran yang ditetapkan, kami akan berusaha untuk membuka
kios pertama didaerah tempat tinggal kami
4)
Promosi
Salah satu
elemen penting untuk mendukung usaha pencitraan
produk adalah strategi promosi. Promosi akan dilakukan secara intensif dan efektif sebagai upaya membangun image gorengan yang kami tawarkan
berbeda dari gorengan yang biasa dijual ditempat kami, Usaha promosi yang kami
rencanakan antara lain:
a)
Pemberian informasi secara langsung
Pemberian
informasi secara langsung dilakukan oleh anggota kelompok kami, terutama
pemberitahuan itu bisa dilakukan ketika diadakan bazar-bazar.
b)
Pemberian informasi secara tidak
langsung
Promosi
tidak langsung dilakukan dalam bentuk penyebaran pamflet dan poster.Selain itu
kami juga menyediakan layanan online via internet.
2)
Organisasi Usaha
Sebagai tahap awal “warung tinggal
rasa” ini dilakukan oleh anggota keluarga kami
G. METODE PELAKSAAN
v Lokasi Produksi
Pada tahap awal produksi akan dilaksanakan disalah dipinggir
jalan lembur situ,dekat dengan terminal lembur situ.
v Perencanaan Produksi
·
Bahan Produksi
Bahan produksi yang di gunakan terdiri dari bahan utama berupa
: sayuran,tempe,tahu pisang dan terigu. Serta bahan pendukung lainnya berupa :
rempah - rempah
·
Alat dan Mesin Produksi
Kompor
|
digunakan
sebagai alat penunjang dalam proses pemasakan produk
|
Ember
|
digunakan
untuk tempat menampung air dan untuk adonan terigu
|
Blender
|
digunakan
sebagai salah satu alat pembuatan penepungan buah sukun
|
Pisau
|
digunakan
sebagai salah satu alat pemotong bahan-bahan gorengan
|
Parutan
kelapa
|
digunakan
dalam proses pemotongan bahan-bahan
|
Baskom
|
digunakan
untuk menakar bahan-bahan yang digunakan supaya sesuai ukuran takaran
|
Sendok
|
digunakan
untuk tempat pencampuran bahan-bahan dan adonan gorengan
|
Sudip
pengaduk
|
digunakan
untuk mengaduk adonan gorengan
|
Daun
Pisang
|
digunakan
untuk mengemas produk supaya terlihat menarik dan mudah untuk dibawa dan
dipasarkannya
|
Piring
Kecil
|
Digunakan
sebagai alas kemasan agar terlihat menarik
|
Sendok
+ garpu
|
Digunakan
sebagai alat makan kue yang ingin dimakan ditempat
|
Gelas
|
Digunakan
untuk minum konsumen
|
v Proses Produksi
·
Proses
pembuatan adonan
Pertama
– tama takar tepung terigu sesuai takaran campur dengan tepung beras atau
tepung kanji lalu tuangkan air bersama rempah- rempah yang telah disiapkan
kemudian aduk sampai rata
v Produksi Aneka Macam gorengan
A. Goreng tempe Rp 2000 / 3 pcs
1.
Pelel
(tempe melel)
Tempe pelel terbuat dari bahan
adonan terigu yang dicampur dengan cabe kemuadian tempe dimasukan kedalam
adonanan tersebut.
2.
Penyes
(tempe kerenyes)
Tempe krenyes terbuat dari adonan
terigu yang membuat tempe menjadi
krenyes dilidah
3.
Perji
(tempe original)
Tempe original terbuat dari tempe
yang dicampur dengan adonan terigu
B. Goreng bakwan
1. Baksah (bakwan sehah)
Bakwan sehah terbuat dari adonan
terigu yang dicampur dengan cabe bersama engkol,toge dan wortol
3. Bakorji (bakwan original)
Bakwan original terbuat dari adonan
terigu dicampur dengan engkol,wotel,dan
labu sayur
C. Goreng Tahu
1. Gemel (gehu melel)
Gehu melel terbuat dari adonan
terigu yang diberi cabe,dicampur dengan tahu berisi cabe dan toge
2. Geco (gehu tauco)
Gehu tauco terbuat dari bahan terigu
yang dicampur dengan tahu yang berisi toge dan tauco
D. Goreng pisang
1. Pirjin (pisang original)
Pisang original terbuat dari adonan
terigu dicampur dengan pisang
2. Piscok (pisang coklat)
Pisang coklat yang terbuat dari
adonan terigu yang berisi coklat dan pisang
v Kapasitas
Produksi
Produksi
akan dilaksanakan setiap hari. Setiap hari ditargetkan akan menghasilkan 80
biji pagi,80biji siang dan 80 biji gorengan berbagai jenis pada malam hari, jadi total gorengan yang dihasilkan setiap hari 240 biji. Produk akan ditawarkan kepada konsumen dengan harga Rp. 500 – Rp
1000,- per potong dengan analisis keuntungan terlampir.
v Pembiayaan
1.
Biaya Tetap (Fixed cost)
Di
bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp.250.000
|
Rp.250.000
|
2
|
Tabung gas
|
1 buah
|
Rp.100.000
|
Rp.100.000
|
5
|
Sendok
|
1 lusin
|
Rp.30.000
|
Rp. 30.000
|
6
|
Garpu
|
1 lusin
|
Rp. 30.000
|
Rp . 30.000
|
7
|
Gelas
|
1 lusin
|
Rp.20.000
|
Rp .20.000
|
8
|
Piring Kecil
|
2 lusin
|
Rp.33.000
|
Rp. 66.000
|
9
|
Sewa Tempat
|
6 bulan
|
Rp100.000
|
Rp 600.000
|
13
|
baskom
|
2 buah
|
Rp.15000
|
Rp 30.000
|
14
|
wajan
|
2 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 200.000
|
15
|
Gas elpiji
|
2buah
|
Rp 18000
|
Rp 36.000
|
TOTAL
|
Rp.1.362.000
|
1.
Biaya Variabel (Variable cost) - Per
Produksi
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Tepung terigu
|
3kg
|
24.000
|
Tepung kanji
|
1/2kg
|
5.000
|
sayuran |
15.000
|
|
Coklat
|
5.000
|
|
Rempah-rempah
|
1 paket
|
10.000
|
keju dan stobery |
10.000
|
|
Daun Pisang
|
2.000
|
|
pisang
|
3 kg |
24.000
|
tahu
|
12.000
|
|
toge
|
3.000
|
|
tauco
|
2.000
|
|
tempe
|
6.000
|
|
minyak goreng | 2kg | 22.000 |
JUMLAH HARGA
|
140.000 |
3. Biaya
Total
§ Biaya
total = Variable
cost + Fixed cost
=
Rp. 140.000 + Rp.1.362.000
=
Rp. 1.502.000
4.
Biaya dan Harga Per Unit
Produksi
perhari
a. Goreng tempe 60/3 x Rp 2000 =
Rp 40.000
b. Goreng bakwan 60/3 x Rp 2000 =
Rp 40.000
c. Goreng Tahu 60 x Rp 1000 =
Rp 60.000
d. Goreng Pisang 60 x Rp 1000 = Rp 60.000
Rp 200.000
Biaya
bahan baku
a. Jumlah
Bahan Baku : Rp 140.000
b.
Beban Tranfortasi : Rp 10.000
Rp 150.000
Laba
Penjualan 240 biji per hari Rp 50.000
5.
Analisis Titik Impas (Break Even Point)
§ BEP harga = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi :
Produksi =
150.000 : 240 buah = Rp.625/biji
§ BEP Jumlah Produksi = Total biaya
produksi untuk 1 kali produksi : harga jual 1 biji gorengan
a.goreng tempe dan bakwan
150.000 : Rp 667 = 225 biji per hari
b.goreng tahu dan pisang
150.000 : Rp 1000 =150 biji per hari
6.
Pengembalian Modal
Total
biaya Produksi : Laba usaha =
Rp 1.502.000 : 50.000 = 31 kali produksi
Jadi
modal akan kembali dalam jangka waktu 31 kali produksi.
H. Rencana Manajemen
1. Strategi
pemasaran
Telah
banyak gorengan yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti
pasar, pinggir jalan dan lain-lainnya.Namun dari sekian banyak tempat
perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena
tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan selera yang sesuai dengan
konsumen.Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk
kami.Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya
sebagai berikut:
a. Pengembangan
produk
Gorengan
memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan.Namun kami
memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan
bahan-bahan yang baru.Gorengan ini akan menambah cita rasa baru di dunia
kuliner. Dengan adanya gorengan, diharapkan akan menambah variasi gorengan baru.
b. Pengembangan
wilayah pemasaran
Area
pemasaran utama adalah di sekitar daerah tempat tinggal kami.Contohnya di
kampong karanggantung.Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai
pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Kegiatan
promosi
Promosi
merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran
dan keberhasilan suatu usaha.Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal
melalui mulut ke mulut.Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial
yang kini marak di dunia maya.
2. Strategi
Produksi
Kami
memproduksi gorengan dengan rasa yang tidak monoton dan juga menyediakan
produk-produk kebutuhan masyarakat yang dapat menarik konsumen. Kami berusaha
menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya gorengan. Proses
produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus
selama ada waktu luang.
3. Strategi
Penetapan Harga
Harga
merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis.
Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana
produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di
sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para masyarakat menengah ke
bawah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami akan
mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan
semata.
4. Rencana
Pengembangan Produksi
Rencana-rencana
pengembangan produksi kami antara lain:
a. Memperluas wawasan dibidang makanan
khususnya gorengan
b. Menemukan dan menciptakan cara terbaru
dalam membuat gorengan
c. Meningkatkan produksi
d. Analisis
resiko usaha dan antisipasinya
5. Segmen
Pasar
1. Segmen pasar
Kelompok kami membedakan pangsa
pasar menjadi 3 tingkatan, yaitu:
· Segmen Pertama merupakan anak-anak,
orang tua dan golongan menengah ke atas yang konsumtif dalam hal pemenuhan
gizi.
· Segmen Kedua,termasuk didalamnya masyarakat
ekonomi menengah ke bawah dan kelompok
mahasiswa.
6 Target
Pasar
Target utama dari pemasaran gorengan yakni segmen pertama
dan kedua.Kedua segmen dipilih karena memiliki daya beli yang sangat tinggi
terhadap produk makanan ataupun minuman.Target selanjutnya yaitu kalangan
mahasiswa dan masyarakat disekitar
makasih artikelnya bermanfaat
BalasHapusSering mengalami kekalahan dalam memainkan permainan Bandar66 dan ingin memperoleh kemenangan dalam permainan tersebut, disarankan untuk bermain dengan menggunakan Aplikasi Cheat Bandar66.
BalasHapusMMORPG
BalasHapusinstagram takipçi satın al
tiktok jeton hilesi
Tiktok Jeton Hilesi
SAC EKİMİ ANTALYA
INSTAGRAM TAKİPCİ
İnstagram takipçi satın al
Mt2 pvp serverlar
instagram takipçi satın al
Smm Panel
BalasHapussmm panel
İs İlanlari Blog
instagram takipçi satın al
Hirdavatci
Https://www.beyazesyateknikservisi.com.tr/
Servis
TİKTOK JETON HİLE
Good content. You write beautiful things.
BalasHapusvbet
taksi
sportsbet
vbet
hacklink
sportsbet
hacklink
korsan taksi
mrbahis
Good text Write good content success. Thank you
BalasHapusmobil ödeme bahis
bonus veren siteler
slot siteleri
tipobet
kralbet
betmatik
poker siteleri
kibris bahis siteleri
betturkey giriş
BalasHapusbetpark giriş
YF62GM
kuşadası
BalasHapuslara
lefkoşa
maltepe
manavgat
LDFB6
yurtdışı kargo
BalasHapusresimli magnet
instagram takipçi satın al
yurtdışı kargo
sms onay
dijital kartvizit
dijital kartvizit
https://nobetci-eczane.org/
QCK7İ
kasmalı oyunlar
BalasHapusresimli magnet
silivri çatı ustası
çerkezköy çatı ustası
referans kimliği nedir
GUF
افضل شركة تسليك مجاري بالاحساء 86auCLNvKC
BalasHapusشركة كشف تسربات المياه بالدمام OCfhyX8sBB
BalasHapus