endin

SELAMAT DATANG DIBLOG AL-DIENZ

sponsor

Translate

Kamis, 28 Januari 2016

PROPOSAL SEMINAR



  1. membuat proposal seminar
 
Didalam proposal yang standar menurut saya biasanya berisi :
 a. Caver
 b. Lembar Pengesahan
 c. Kata Pengantar
bab 1 . Pendahuluan
  a..Permasalahan
  b.Tujuan
  c.Manfaat Seminar
bab 2 . Pembahasan Kegiatan
  a. Bentuk Kegiatan
  b. Waktu dan Tempat
  c. Susunan Acara
  d. Pembicara
  e. Peserta Seminar
  f. Sumber Dana
  g. Biaya
bab 3 . Penutup
 



LEMBAR PENGESAHAN

Presiden BEM STIE PGRI Sukabumi                                                   Ketua Pelaksana



 Asep Rasid Akbar                                                                     Endin Solehudin
  NIM. 0213472                                                                          NIM. 0313213
           




KATA PENGANTAR

Puji Syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat  Allah  SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah –Nya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjalankan aktivitas kita.
Sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa sekaligus makhluk yang berakal, sudah sepatutnya kita harus terus menerus menambah ilmu pengetahuan, baik secara formal maupun non formal. Oleh karena itu Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM)  STIE PGRI Sukabumi, akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan kita semua.
Diharapkan, suatu kegiatan Seminar yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pendidikan, dan menambah pengetahuan mahasiswa, akan menuju perbaikan taraf hidup serta peningkatan kesejahteraan jangka panjang yang mandiri dan terarah.
Peran aktif  kami selaku mahasiswa ini tentunya tidak lepas dari dukungan kampus tercinta STIE PGRI Sukabumi sebagai almamater, yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup ternama di Indonesia dan tentunya cukup banyak memahami mahasiswanya. Dukungan dari berbagai pihak akan menjadi suatu kehormatan dan harapan besar bagi kami.
                                                                                                             
  Hormat kami

  
               Panitia    




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Dasar Pemikiran
Krisis yang melanda bangsa Indonesia sejak tahun 1996 tidak hanya berpengaruh terhadap dunia usaha, tetapi juga berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Dunia kerja semakin sempit, sementara masyarakat yang membutuhkan lapangan kerja semakin meningkat. Pengangguran yang disebabkan ketiadaan lapangan kerja pada akhirnya menjadi beban masyarakat juga. Pengangguran ini akibat dari semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan terutama di kota-kota besar.
Masyarakat yang tinggal di perkotaan sering mengharapkan mendapat pekerjaan formal di kantor-kantor, sementara penawaran pekerjaan disektor formal sangat terbatas. Tuntutan kualitas sumber daya manusia makin lama makin tinggi dan menuntut kekhususan yang lebih sulit untuk dipenuhi. Lapangan kerja yang terbatas membuat orang mencari jalan untuk bertahan hidup agar dapat hidup layak. Dengan melihat situasi tersebut maka sektor informal merupakan alternatif yang dapat membantu menyerap pengangguran. Berwirausaha merupakan satu alternatif jalan keluar terbaik. Wirausaha adalah seseorang yang berkemauan keras melakukan tindakan yang bermanfaat. Wirausaha juga didefinisikan sebagai orang yang memiliki gagasan dan mengelola serta menjalankan gagasannya tersebut. Kewirausahaan ialah kemampuan menggerakkan orang-orang dan berbagai sumber daya untuk berkreasi, mengembangkan dan menerapkan solusi terhadap berbagai masalah agar dapat menciptakan makna dan memenuhi kebutuhan manusia.
Berdasarkan situasi diatas, kehadiran dan peranan wirausaha tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap kemajuan perekonomian dan perbaikan pada keadaan ekonomi di Indonesia sekarang ini. Menjadi wirausaha berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang mengumpulkan sumber – sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan dari peluang – peluang tersebut. Dengan meningkatnya kewirausahaan, diharapkan perekonomian di Indonesia juga meningkat.
Di negara yang dilanda keterpurukan dalam berbagai aspek seperti Indonesia sekarang ini, kekurangan pangan dan bencana kelaparan serta tragedi kemanusiaan sering terjadi. Kondisi seperti ini mengakibatkan hilangnya kepercayaan atas kemampuan diri dan kemampuan mengelola masa depan.
Salah satu langkah yang paling penting ketika meluncurkan sebuah perusahaan baru adalah membuat perencanaan keuangan yang logis dan terencana dengan baik. Wirausahawan yang tidak mampu mengembangkan strategi yang dapat dijalankan untuk menghasilkan laba dalam waktu yang masuk akal akhirnya akan mengalami pinalti bisnis yang terbesar yaitu kegagalan rencana keuangan adalah alat vital yang membantu wirausawan untuk mengelola perusahaannya dengan lebih efektif, mengarahkan mereka menghindari berbagai hambatan yang dapat mengakibatkan kegagalan.
Manajemen keuangan yang memadai membutuhkan sisitem yang bisa memberikan informasi keuangan yang relevan kepada wirausahawan dalam format yang mudah dan tepat waktu, hal ini memungkinkan wirausahawan untuk mengetahui bukan hanya bagaimana keadaan bisnis mereka dalam hal keuangan, tetapai juga mengapa perusahaan mereka mengalami kinerja tersebut.
Fenomena yang terjadi dikalangan Sebagian mahasiswa mengalami kesulitan memahami pos-pos dan persamaan akuntansi baku. Sebagian besar mahasiswa tidak tertarik untuk mempelajari teori dan praktek akuntansi mereka cenderung menghindari mata kuliah tersebut. Berbagai permasalahan didalam praktek pembelajaran akuntansi tentu menciptakan pemahaman yang dangkal terhadap ilmu akuntansi dalam diri mahasiswa. Akibatnya pada dunia kerja mahasiswa sering kewalahan jika diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di perguruan tinggi. Oleh sebab itu mahasiswa cenderung memberikan pernyataan yang mengungkapkan praktek akuntansi di dalam dunia kerja relatif berbeda dari teori. sebernarnya masing-masing perusahaan memiliki sistem akuntansi sendiri akan tetapi tidak menyimpang dari standard akuntansi baku.
Oleh karena itu mahasiswa harus benar-benar serius dan berkonsentrasi dalam mempelajari teori dan praktek akuntansi.
Melalui seminar ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dasar akuntansi.
Dan seminar ini juga akan menjelaskan laporan keuangan dari salah satu perusahaan sebagai bahan praktek mahasiswa untuk dapat mengetahui laporan keuangan secara riil yang dipergunakan dalam perusahaaan

1.2    Permasalahan
Berdasarkan tema kewirausahaan yaitu : “Semangat Berwirausaha untuk Indonesia Jaya” , Maka permasalah mendasar kegiatan ini adalah :
1.      Bagaimana cara meningkatkan semangat berwirausaha
2.      Bagaimana pengaruh berwirausaha terhadap perekonomian Indonesia
3.      Apa saja pengaruh positif perkembangan kewirausahaan terhadap tingkat perekonomian Indonesia.
4.      Seberapa pentingnya laporan keuangan bagi wirausahawan

1.3    Tujuan
Adapun Tujuan dilaksanakannya Seminar Kewirausahaan ini adalah
1.      Mengetahui tips-tips pelaku bisnis dalam menghadapi permasalahan dunia usaha
2.      Memberikan motivasi lebih pada mahasiswa untuk berani berwirausaha, sehingga mahasiswa tersebut menyadari akan pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia.
3.      Memberi pemahaman kepada mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh  di Perguruan Tinggi dalam dunia Ekonomi
4.      Memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda
5.      Memberikan pengetahuan kepada mahasisiwa mengenai laporan keuangan yang biasa digunakan perusahaan sebagai bekal untuk menjadi wirausahawan muda

1.4    Manfaat Seminar
Seminar kewirausahaan ini diadakan guna membangkitkan semangat berwirausaha bagi generasi muda, Saat ini masih jarang sekali seorang perempuan yang memberanikan diri untuk bergelut dalam bidang wirausaha. Namun seminar ini tidak tertutup bagi teman- teman laki- laki. Pada intinya seminar ini akan mengajak semua kalangan untuk membangkitkan semangat wirausaha muda,untuk meningkatkan perekonomian Bangsa.

    

BAB II
PEMBAHASAN KEGIATAN

2.1    Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan seminar ini, dilakukan dengan pemaparan umum yang dilanjutkan dengan tanya jawab, namun dengan pertimbangan agar tercipta nuansa kampus melalui kegiatan seminar.

2.2  Waktu dan Tempat
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 25 April 2015
Waktu             : Pukul 08.00 s.d Selesai
Tempat            : Kampus STIE PGRI Sukabumi

2.3  Susunan Acara

Waktu
Keterangan acara
06.00 -07.30
Persiapan
ü  Briefing panitia
ü  Re – check

07.30-08.00
Registrasi peserta dan pembagian souvernir
08.00– 09.00
Pembukaan
a.       Laporan ketua pelaksana
b.      Sambutan ketua  PUKET I bid Akademik
c.       Sambutan  PUKET III bid. Kemahasiswaan
d.      Sambutan ketua STIE PGRI sukabumi, Sekaligus membuka Kegiatan SEMINAR
09.00 - 09.15
Moderator
09.15– 10.45
Pembicara I
10.45– 11.15
Coffi break
11.15– 11.30
Moderator
11.30 – 12.00
Sesi Tanya jawab
12.00 – 13.00
Isoma
13.00 -  14.30
Pembicara II
14.30 – 15.00
Sesi Tanya jawab
15.00 - 15.30
Pembagian plekat
15.30  - 15.45
Penutup
15.45 – 17.00
Pembagian sertifikat dan souvernir peserta

2.4   Pembicara
 Pembicara dan Moderator dalam acara Seminar, adalah sebagai berikut :
Narasumber     I           :
Narasumber  II            :
Moderator                   :
2.5   Peserta Seminar
Target utama peserta seminar adalah seluruh Mahasiswa/i STIE PGRI Sukabumi semua jurusan, dengan jumlah ± 500 orang peserta, dan tidak menutup kemungkinan peserta umum untuk mengikut seminar tersebut.
2.6  Sumber Dana
Sumber dana seminar ini berasal dari Dana Kemahasiswaan, Badan Eksekutif  Mahasiswa, kontribusi para peserta, donator yang bersifat tidak mengikat, dan juga dari pihak sponsor dengan tidak menyalahi peraturan pemerintah yang ada.






2.7  BIAYA
PERENCANAAN SEMINAR MOTIVASI DAN MANAJEMEN KEUANGAN
“ SEMANGAT BERWIRAUSAHA MENUJU INDONESIA JAYA”
PEMASUKAN
NO
URAIAN
VOLUME
SATUAN
JUMLAH
1
Dana kemahasiswaan


Rp.    
2
Kas BEM

Rp.    500.000
Rp.       500.000
3
Peserta Mahasiswa Reguler
100 Orang
Rp.      25.000  
Rp.    2.500.000
4
Peserta Mahasiswa karyawan
500 Orang
Rp.      60.000  
Rp.  30.000.000
JUMLAH
Rp.  33.000.000
PENGELUARAN
1.      Kesekretariatan
NO
URAIAN
VOLUME
SATUAN
JUMLAH
1
ATK
1 Paket
Rp.      500.000
Rp.      500.000
2
Sertifikat Peserta
1 Paket
Rp.          3.000
Rp.   1.500.000
JUMLAH
Rp.   2.000.000
2.      Acara
NO
URAIAN
VOLUME
SATUAN
JUMLAH
1
Biaya Tranportasi
1 paket
Rp.        500.000  
Rp.        500.000
2
(fee) Pembicara
3 Orang
Rp.     2.000.000
Rp.     6.000.000
3
Moderator
1 Orang
Rp.        500.000
Rp.        500.000
4
Souvenir peserta
500 Orang
Rp.          20.000
Rp      2.000.000
5
P3K
1 Paket
Rp.          50.000
Rp.          50.000
JUMLAH
Rp.    9.050.000
3.      Konsumsi
NO
URAIAN
VOLUME
SATUAN
JUMLAH
1
Makan Siang dan snack
Peserta = 600 Orang
Rp.          15.000
Rp.     9.000.000
Panitia =   27 Orang
Rp.          15.000
Rp.        405.000
VIP     =     1 Paket
Rp.     1.200.000
Rp.     1.200.000
2
Coffi break
1 paket
Rp          250.000
Rp.        250.000
3
Air Mineral Gelas
11 Dus
Rp           20.000
Rp.        220.000
Air Mineral Botol
1   Dus
Rp           40.000
Rp.          40.000
4
Buah - buahan
1 Paket
Rp.        100.000
Rp.        100.000
5
Snack
600 Orang
Rp.            6.000
Rp.     3.600.000

JUMLAH
Rp.   14.815.000
4.      Dekorasi dan Dokumentasi
NO
URAIAN
VOLUME
SATUAN
JUMLAH
1
Spanduk Selamat Datang
1 x 6 meter = 1 Kali
Rp.      250.000
Rp.       250.000
2
Back Drop
2 x 4 meter = 1 Kali
Rp.      500.000
Rp.       500.000
3
Sewa Panggung
1 Paket
Rp.   2.500.000
Rp.    2.500.000
4
Sewa Papayon
1 Paket
Rp.   2.500.000
Rp.    2.500.000
5
Sound System
1 Paket
Rp.   1.000.000
Rp     1.000.000





JUMLAH
Rp.    6.750.000
5.      Transportasi dan Humas
NO
URAIAN
VOLUME
SATUAN
JUMLAH
1
Transportasi
1 Paket
Rp.   100.000
Rp.       100.000
2
Keamanan dan Parkir
1 Paket
Rp.    200.000
Rp.       200.000
3
Perlengkapan
1 Paket
Rp.    300.000
Rp.       300.000
4
Izin Keramaian
1 Kali
Rp.    500.000
Rp.       500.000
6
Pengiriman Publikasi
1 Paket
Rp.    500.000
Rp.       500.000
7
Publikasi
1 Paket
Rp. 3.000.000
Rp.    3.000.000
Jumlah
Rp.    4.600.000


Total Anggaran Yang Dibutuhkan
NO
KETERANGAN
JUMLAH
1
Kesekretariatan
Rp.       2.000.000
2
Acara
Rp.       9.050.000
3
Konsumsi
Rp.     14.815.000  
4
Dekorasi dan Dokumentasi
Rp.       6.750.000
5
Transportasi dan Humas
Rp.       4.600.000
JUMLAH
Rp.    37.215.000

Selisih :
Pemasukan                 : Rp.  33.000.000
Pengeluaran               : Rp.  37.215.000-
Sisa Kekurangan        (: Rp.  4.215.000)
    


SUSUNAN PANITIA

Pelindung                                            : Ketua STIE PGRI Sukabumi
                                                              Agus Sobar, SE.,M.M
Penasehat                                            : Puket I Bid. Akademik
                                                              Rosanna Wulandari S.E, M.M.
  Puket III Bid. Kemahasiswaan
  Dedi Kurniawan SE.,MM
  Ketua Lembaga Penjamin Mutu
  Agus Mulyadi, S.E. M.M
Penanggung Jawab                             : Presiden BEM
  Asep Rasid Akbar

Ketua Pelaksana                                  : Endin Solehudin
Wakil Ketua Pelaksana                       : Riky Rustiawan
Sekretaris                                            : Mita Insari Nurhasanah
Bendahara                                           : Silvi Malvina Oktaviani
Sie. Acara                                            : Tegar Gumilar
                                                             (Koordinator)
                                                              Citra Dewi Orista
Sie.Perlengkapan Umum                    
Sie. Peralatan                                       : Ardi Agustian
  (Koordinator)
  Imam Bachtiar
  Luky Ardiansyah
  Apriandi
Sie. Desain                                          : Slamet Azhari
  (Koordinator)
  Wanda Akbar
Sie. Konsumsi                                     : Eti Kusmiati
 (Koordinator)
  Neni Nuraeni
Sie. Dekorasi                                       : Rayindra Purnama
  (Koordiantor)
  Anneke Abbyliani Puteri
  Eva Anggreani
Sie. Dokumentasi                                : Milawati Safriyani
 (Koordinator)
 Fika Feriantika
Sie. Humas & Publikasi                      : Aldy Aliadha Putra
  (Koordinator)
  M. Beno Satria I.
  Susi Susanti
           
BAB III
PENUTUP
Demikian Proposal Seminar ini kami sampaikan, terima kasih atas segala perhatian, bantuan dan kerjasamanya, semoga kegiatan ini sebagai langkah awal menuju penyelenggaraan pendidikan tinggi yang baik dan benar. Kritik dan saran sangat kami harapapkan sebagai masukan dan perbaikan dari kekurangan yang ada dalam penyajian ini.Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapakan serta mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

untuk melihat proposal selanjutnya klik disini